Cyberbullying:Satu dari Tiga Remaja Jadi Korban

Satu dari tiga remaja di dunia saat ini sudah menjadi korban cyberbullying. Dan penelitian mengungkapkan kalau dampak cyberbullying sama dengan dampak bullyingbiasanya. Bahkan cyberbullying memiliki pengaruh yang lebih buruk, karena pelaku bully-nya bisa melakukannya tanpa batasan waktu, tanpa bertatapan muka.

 

Cyberbullying berbeda dengan face-to-face bullying karena pelaku bully-nya bisa menghapus secara langsung buktibullying. Dia juga tidak melihat akibat dari kesalahan yang dia lakukan. Sementara bagi korban cyberbullyingsatu hal jelek yang tersimpan di dunia maya bisa diakses banyak orang di mana pun dan kapan pun.

 

Belajar dari Megan &Ryan

Dua kasus dari Megan Meier dan Ryan Patrick Halligan memperlihatkan betapa buruknya cyberbullying bagi mereka. Megan bunuh diri setelah temannya membuat akun palsu seorang cowok yang mengatakan kalau dirinya jelek.

 

Ryan juga mengalami depresi yang sama ketika cewek yang dia dekati ternyata berbalik mempermalukannya melalui informasi yang cewek itu dapatkan dari chatting pribadi mereka. Kejadian yang menimpa Megan dan Ryan merupakan salah satu dampak terburuk yang bisa terjadi pada korban cyberbullying.

 

Dampak cyberbullying

Dampak lainnya yang mungkin didapatkan oleh para korban cyberbullying menurut Yayasan Sejiwa adalah

 

Minder

Para korban cyberbullying biasanya akan merasa minder juga untuk berkomunikasi verbal di lingkungan sosialnya. Alhasil mereka akan menjadi pribadi yang penyediri yang tertutup.

 

Pemarah

Korban cyberbullying yang paling jelas adalah penjadi orang yang mudah tersinggung dan sangat mudah mengeluarkan emosinya.

 

Kasar

Jangan kaget jika para korban cyberbullyingmenjadi bertindak kasar. Karena mereka terbiasa diperlakukan kasar juga oleh orang lain.

 

Penilitian mengatakan kalau 90 persen orang tidak akan berbuat apa-apa ketika bullying terjadi. Mulai sekarang, kalu kita peduli dan sayang dengan teman jangan pernah menutup mata sama bullying. Stop cyberbullying sekarang juga. Coba dengan membela mereka dengan mengatakan “Itu enggak lucu, tahu!” terhadap tindakan bullying yang teman kita lakukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s