Sukses Berbicara di Depan Kelas

Sering gugup dan berkeringat dingin begitu berdiri di depan kelas untuk presentasi? Atau ketika ngomong di depan banyak orang dan menjadi pusat perhatian dan melihat banyak orang? Wajar kok. Tapi kalau sampai kita jadi lupa dan gagal menjelaskan semua materi yang sudah disiapkan…hmmm gawat!

 

Kuasai Materi

Biasanya kita gugup karena kurang menguasai materi. Cara paling ampuh untuk menguasai materi adalah dengan bikin daftar konsep tentang apa saja yang ingin disampaikan. Dari konsep ini akan lahir poin-poin. Misalnya, kita mau menjelaskan tentang ‘hidup sehat’. Bikin poin pengertian, cara-cara, dan manfaat hidup sehat. Dari setiap poin akan lahir berbagai penjelasan. Beri penekanan pada setiap isi penjelasan yang kita anggap penting. Bikin poin juga penting untuk mengatasi lupa.

 

Latihan

Kalau kita termasuk mudah gugup dan enggak terbiasa mengungkapkan pendapat di depan banyak orang, salah satu cara yang paling penting adalah dengan banyak berlatih. Coba sekali-kali berlatih berbicara di depan cermin dan perhatikan gestur dan mimik wajah kita. Jangan sampai kita menunduk terus dan enggak berani menatap mata audiens. Atau kalau perlu, ajak sahabat dan anggota keluarga. Mintalah komentar dari orang sekitar kita tersebut. Perhatikan dan ulang-ulang urutan poin dari materi yang ingin di sampaikan, jangan sampai lupa atau kelewatan.

 

Dapatkan perhatian

Audiens terlihat mengobrol di saat kita sibuk berbicara? Itu tandanya kita enggak mendapat perhatian mereka. Perhatikan materi dan cara penyampaian kita. Ada presentasi yang sebenarnya punya materi yang menarik, tetapi cara penyampainnya buruk atau sebaliknya. Perhatikan eye contact kita, jangan terus-terusan terpaku dengan teks.

 

Libatkan juga audiens, misalnya dengan bertanya atau melontarkan berbagai komentar menarik baik di awal, tengah dan akhir presentasi. Perhatikan juga intonasi, artikulasi, volume, dan kecepatan berbicara kita. Suara yang tegas dan jernih juga penting. Jangan terlalu cepat atau terlalu lambat dalam berbicara. Bikin juga PowerPoint yang menarik dengan gambar-gambar dan tulisan berwarna yang lucu.

 

Perhatikan persiapan

Selain sudah menguasai materi, jangan lupa pastikan alat-alat pendukung presentasi berjalan dengan baik dan lengkap. Untuk memastikannya dan supaya enggak panik, kita bisa datang lebih awal. Sebelum presentasi, ada baiknya kita membuat daftar barang-barang pendukung. Seperti proyektor, flashdisc, laptop dan PowerPoint. Perhatikan penampilan kita mulai dari pakaian sampai rambut kita. Selain terhindar dari rasa malu, perhatian kita terhadap pakaian dan lain hal sebagainya bikin kita tambah pede.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s