Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Menurut Beberapa Ahli

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Menurut Beberapa Ahli

 

1. Prof. Dr. H. Kern

Dengan teori imigrasi menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Campa, Kochin, Cina, Kamboja. Pendapat ini didasarkan pada kesamaan bahasa yang dipakai di kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanisia, Dan Mikronesia. Menurut hasil penelitiannya terhadap 113 bahasa daerah di Indonesia tahun 1899, bahasa-bahasa yang digunakan di daerah-daerah tersebut berasal dari satu Akar bahasa yang sama, yaitu bahasa Austronesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya nama dan bahasa yang dipakai daerah-daerah tersebut. Objek penelitian Kern adalah kesamaan bahasa, namanama binatang dan alat-alat perang.

 

2. Van Heine Geldern

Berpendapat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Asia ke pulau-pulau di sebelah selatan Asia atau yang disebut Austronesia (Pulau Selatan). Terjadi perpindahan penduduk dari Asia. Bangsa yang mendiami pulau itu adalah bangsa Austronesia. Wilayah Austronesia meliputi pulau-pulau yang membentang dari Madagaskar sampai pulau Paskah, Taiwan dan Selandia baru. Mereka membawa kebudayaan Neolithikum.Pendapat ini didukung oleh artefak-artefak atau peninggalan kebudayaan yang ditemukan di Indonesia memiliki banyak kesamaan dengan peninggalan kebudayaan yang ditemukan di daerah Asia.


3. Prof. Mohammad Yamin

Berpendapat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Indonesia sendiri. Pendapat ini didasarkan pada penemuan fosil-fosil dan artefak artefak manusia tertua di Indonesia dalam jumlah yang banyak. Di samping itu, Mohammad Yamin berpegang pada prinsip Blood Und Breden Unchro, yang berarti darah dan tanah bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Manusia purba mungkin telah tinggal di Indonesia, sebelum terjadi gelombang perpindahan bangsa-bangsa dari Yunan dan Campa ke wilayah Indonesia.

4. Hogen

Berpendapat bangsa yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari Sumatera. Banga ini bercampur dengan bangsa Mongol dan kemudian disebut bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu. Bangsa Proto Melayu (Melayu Tua) menyebar ke wilayah Indonesia pada tahun 3000 SM – 1500 SM. Sedangkan bangsa Deutro Melayu (Melayu Muda) menyebar ke wilayah Indonesia pada tahun 1500 SM – 500 SM.

 

5. Max Muller

Menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Daerah asia Tenggara.

 

     6. William Smith

asal usul bangsa Indonesia  diketahui melalui pengunaan bahasa oleh bangsa Indonesia, Bahasa yang ada di  di bedakan atas: Bangsa yang berbahasa Togon, Bangsa yang berbahasa Jerman, dan Bangsa yang berbahasa Australia, (Austro-asiua dan Austronesia (yang mendiami wilayah Indonesia , Melanesia, dan polinesia).

 

 

    7. Drs. Moh. Ali

Menyatakan bahwa bangsa Indonesia barasal dari yunan

 

     8. Prof. dr. Kroom

menyatakan bahwa bangsa Inedonesia berasal dari daerah  Cina Tengah.

 

     9. Mayundar

menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari  yang berbahasa  Austreonesia. Berasal dari india  yang menyebar ke Indonesia, Cina, terus ke daerah Indonesia dan Pasifik.

 

10. Dr. Brandes

Bangsa yang bermukim di kepulauan Indonesia memiliki banyak kesamaan dengan bangsa – bangsa pada daerah – daerah yang membentang dari sebelah utara pulau Formosa, sebelah barat daerah Madagaskar, sebelah selatan yaitu tanah Jawa, Bali, Sebelah timur sampai kepantai barat Amerika . Hal ini berdasarkan pada perbandingan bahasa.

 By: @NurfirstaVita (twitter)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s