Pengertian Ilmu Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Sosiologi Menurut Para Ahli

                                      

Sosiologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial. Dan ilmu pengetahuan ini relatif masih baru dibanding ilmu-ilmu sosial yang lainya, apalagi kalau dibanding dengan ilmu pengetahuan alam. Para ahli ilmu pengetahuan di zaman dahulu lebih banyak mencurahkan perhatianya terhadap gejala-gejala alam dan kehidupan manusia, seperti geografi, ekonomi, sejarah, biologi, dan ilmu kedokteran. Berikut adalah pendapat para ahli tentang ilmu sosiologi

 

Pengertian Ilmu Sosiologi Menurut Para Ahli

 

  1. 1.      AUGUSTE COMTE

 

Sosiologi adalah Suatu disiplin ilmu yang bersifat positif yaitu mempelajari gejala-gejala dalam masyarakat yang didasarkan pada pemikiran yang bersifat rasional dan ilmiah.

 

  1. 2.      MAX WEBER

 

Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang tindakan social atau perilaku-perilaku manusia.

 

  1. 3.      EMILE DURKHEIM

 

Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari fakta-fakta social yaitu fakta-fakta atau kenyataan yang berisikan cara bertindak, cara perpikir dan cara merasakan sesuatu.

 

  1. 4.      HERBERT SPENCER

 

Sosiologi adalah Ilmu yang menyelidiki tentang susunan-susunan dan proses kehidupan social sebagai suatu keseluruhan / suatu sistem.

 

  1. 5.      PITIRIM SOROKIN

 

Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari :

Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial   (misalnya antara gejala ekonomi dengan agama; keluarga dengan moral; hukum dengan ekonomi; gerak masyarakat dengan politik dan lain sebagainya). Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala-gejala non-sosial (misalnya gejala geografis, biologis,dan sebagainya) Ciri-ciri umum semua jenis gejala sosial lain.

 

  1. 6.      RAOUCEK & WARREN

 

Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok sosial

 

  1. 7.      WILLIAM F. OGBURN & MAYER F. NIMKOFF

 

Sosiologi adalah Penelitian secara ilmiah terhadap interaksi social dan hasil-hasil dari interaksi tersebut

 

  1. 8.      J.A.A. VAN DORN & C.J. LAMMERS

 

Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang struktur dan proses- proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

 

  1. 9.      PAUL B. HORTON

 

Sosiologi adalah Ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok-kelompok masyarakat dan produk/hasil dari kehidupan kelompok tertentu

 

  1. 10.  MAC IVER

 

Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang hubungan-hubungan social yang terjadi dalam masyarakat

 

  1. 11.  J. GILLIN

 

Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari interaksi yang timbul di dalam masyarakat

 

  1. 12.  P.J. BAOUMAN

 

Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan tentang manusia dan hubungan-hubungan antar golongan manusia

 

  1. 13.  Mr. J. BIERENS De HAAN

 

Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan tentang masyarakat manusia, baik mengenai hakekatnya, susunannya, hubungannya, kodrat-kodrat yang menggerakkannya, mengenai kesehatan dan perkembangan masyarakat.

 

  1. 14.  GEORGE SIMMEL

 

Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari perhubungan sesama manusia ( Human Relationship )

 

  1. 15.  LESTER FRANK WARD

 

Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk meneliti kemajuan-kemajuan manusia dan apa saja yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupannya.

 

  1. 16.  WILLIAM KORNBLUM

 

Sosiologi adalah Suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku-perilaku anggotanya yang menjadikannya masyarakat yang bersangkutan ke dalam berbagai kelompok-kelompok dan berbagai kondisi-kondisi

 

  1. 17.  ALLAN JOHNSON

 

Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu system social dan bagaimana system tersebut mempengaruhi individu dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi system itu.

 

  1. 18.  VANDER ZANDEN

 

Sosiologi adalah Studi ilmiah tentang interaksi manusia di masyarakat.

 

  1. 19.  ANTHONY GIDDENS

 

Sosiologi adalah Studi tentang kehidupan social manusia, kelompok-kelompok manusia dan masyarakat.

 

  1. 20.  MAYOR POLAK

 

Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan yakni hubungan diantara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok.

 

  1. 21.  SELO SOEMARDJAN & SOELAEMAN SOEMARDI

 

Sosiologi atau ilmu masyarakat ialah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.

Struktur Sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok serta lapisan-lapisan sosial.

Proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, umpamanya pengaruh timbal balik antara segi kehidupan ekonomi dengan segi kehidpuan politik, antara segi kehidupan hukum dan segi kehidupan agama, antara segi kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi dan lain sebagainya.

 

  1. 22.  SOERJONO SOEKANTO

 

Sosiologi adalah Ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

 

  1. 23.  HASSAN SHADILY

 

Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antar manusia yang menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama, cara terbentuk dan tumbuh serta perubahannya

 

  1. 24.  KINGSLEY DAVIS

 

Sosiologi adalah suatu studi yang mengkaji bagaimana masyarakat mencapai kesatuannya, kelangsungannya, dan caracara masyarakat itu berubah.

 

  1. 25.  F.G. Robbins,

 

Sosiologi pendidikan adalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan. Struktur mengandung pengertian teori dan filsafat pendidikan, sistem kebudayaan, struktur kepribadian dan hubungan kesemuanya dengantata sosial masyarakat. Sedangkan dinamika yakni proses sosial dan kultural, proses perkembangan kepribadian,dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan.

 

  1. 26.  H.P. Fairchild

 

dalam bukunya ”Dictionary of Sociology” dikatakan bahwa sosiologi pendidikan adalah sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental. Jadi ia tergolong applied sociology.

 

  1. 27.  Prof. DR S. Nasution,M.A.,

 

Sosiologi Pendidikan adalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-cara mengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agar lebih baik.

 

  1. 28.  F.G Robbins dan Brown,

 

Sosiologi Pendidikan ialah ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungan sosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta mengorganisasi pengalaman. Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial serta prinsip-prinsip untuk mengontrolnya.

29.  E.G Payne,

 

Sosiologi Pendidikan ialah studi yang komprehensif tentang segala aspek pendidikan dari segi ilmu sosiologi yang diterapkan.

30.   Drs. Ary H. Gunawan,

 

Sosiologi Pendidikan ialah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s