Benua Antartika

Benua Antartika

Kutub Selatan Bumi disebut Antartika karena posisinya berlawanan dengan kawasan Arktik (Kutub Utara). Para ahli Menyebut kawasan ini Sebagai benua karena Kutub Selatan memiliki Daratan sangat luas, yaitu seluas;13.209.000 km2.Secara astronomisWilayah Benua Antar-tika terletak antara-520 LS – 900 LS.
Sebagian besar permukaan benua ini tertutup oleh es dan salju, tebalnya rata-rata 2.440 meter. Karena sebagian besar permukaannya tertutup es dan salju, maka suhunya sangat dingin dan mencapai di bawah 100 C. Akibatnya tidak ada manusia yang tinggal di benua ini.

Benua Antartika

Antartika (Kutub Selatan) merupakan kebalikan dari Arktik. Antartika merupakan benua terbesar keempat di dunia. Letaknya di lintang selatan bumi, di batas lingkaran kutub 66􀁱 30’ LS.
Benua Antartika merupakan wilayah paling dingin di muka bumi. Suhu di Antartika bisa mencapai
-88,3􀁱 C. Wilayah ini tidak memiliki penduduk tetap. Penghuni Antartika adalah para ilmuwan yang datang untuk mengadakan penelitian. Mereka tinggal di sini hanya sementara waktu.
Daratan Antartika nyaris tidak tampak karena sekitar 95% permukaan benua ini tertutup salju dengan tebal rata-rata 􀁲 2.440 meter. Lapisan salju paling tipis terdapat di daerah pantai. Di sekeliling
pantai banyak ditemukan bongkahan es terapung, berukuran sangat besar menyerupai pulau atau gunung terapung. Titik tertinggi di Antartika adalah Gunung Vinson Massif (􀁲 5.140 m). Gunung aktif yang sangat terkenal adalah Gunung Erebus (􀁲 4.023 m).
Iklim di daerah ini dipengaruhi oleh empat factor utama, yaitu:
􀂐 panas matahari yang diterima;
􀂐 lapisan salju yang luas dan tebal;
􀂐 persebaran daratan dan lautan; dan
􀂐 ketinggian dataran.
Hampir tidak ada suatu jenis tumbuhan yang dapat tumbuh di Antartika, kecuali lumut. Jenis
binatang yang banyak terdapat di daerah ini adalah penguin, anjing laut, ikan paus, singa laut dan albatross (sejenis burung laut yang bersayap panjang).

Benua Antartika

Antartika adalah daratan luas yang terletak di wilayah Kutub Selatan, sehingga selalu diselimuti es. Wilayah ini meliputi ± 15.500.000 km² atau sekitar 8,9% dari wilayah daratan dunia. Iklimnya yang sangat dingin (suhu dapat mencapai -88°C) menyebabkan Antartika tidak dihuni manusia secara permanen. Orang-orang yang tinggal di sana pada umumnya hanyalah para pemburu dan para peneliti yang tinggal selama beberapa waktu.
Para peneliti tersebut berasal dari berbagai negara. Mereka tinggal di stasiun-stasiun riset yang didirikan di berbagai belahan Antartika. Terdapat tidak kurang dari 36 stasiun riset dan sekitar 15 diantaranya didirikan di Semenanjung Antartika di sekitar 60°BB. Kawasan tersebut terpilih karena memiliki suhu yang lebih hangat bila dibandingkan dengan kawasan kutub lainnya. Hal ini dikarenakankawasan tersebut memperoleh pengaruh angin hangat yang berembus dari daratan Amerika Selatan.
Kawasan dataran di Antartika meliputi Dataran Wilkes (terluas), Dataran Dronning Maud, Dataran Palmer, Dataran Robinson, dataran Enderberg, dan Dataran Ellishworth. Selain itu, terdapat juga Dataran Tinggi Amerika, Dataran Tinggi Marie Byrd, dan Dataran Tinggi Victoria.
Benua Antartika tidak memiliki sistem sungai dan danau, karena seluruh permukaan perairannya tertutup es. Akan tetapi, Antartika mempunyai gunung api dan pegunungan, yaitu Pegunungan Princess Astrid Kyst, Pegunungan Charles, dan Pegunungan Pensacola, sedangkan gunung-gunung di Antartika, yaitu Gunung Vinson Massif (4.897 m), Gunung Sidley (4.181 m),Gunung Charles (3.355 m), dan Gunung Seelig (3.022 m).

Peta yang menunjukkan Benua Antartika:

benuaantartika

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s