Tugas Bahasa Indonesia Membaca Teks Eksposisi tentang Ekonomi Indonesia

Tugas 2 Membaca Teks Eksposisi tentang Ekonomi Indonesia

1. Menurut Kalian, Negara Manakah yang memiliki ekonomi yang paling bagus di dunia dan negara manakah yang memiliki ekonomi yang paling buruk?
Jawab :
Menurut kami, negara yang memiliki tingkat ekonomi yang paling bagus adalah kanada karena kanada memiliki reputasi terbaik diantara negara-negara lainnya. Dengan semakin tinggi reputasi suatu negara, maka berkorelasi juga dengan tingginya tingkat pertumbuhan ekonomi. Kanada juga memiliki kemampuan kunci dalam tiga kriteria utama, yaitu pemerintahan yang efektif, ekonomi yang maju dan lingkungan yang menarik. Kanada juga mendapatkan skor 76,6 dari skala 100. Dibawah kanada terdapat Swedia (76,5), Swiss (76,3), Australia (76,1), Norwegia (74,1). Selain itu juga kanada adalah salah satu negara yang bebas korupsi sehingga tak heran jika kanada memiliki tingkat ekonimi yang paling bagus.
Sedangkan negara yang memiliki tingkat ekonomi yang paling buruk adalah yaman. Karena di negara yaman sebanyak 10 juta orang tidak punya persedian makanan yang cukup dan 40% warganya berada dibawah garis kemiskinan. Pertumbuhan ekonominya tahun 2011 minus hingga 10,5% dengan inflasi yang tinggi 18%.

2. Apabila Dibandingkan dengan negara lain, ekonomi Indonesia berada pada urutan ke berapa?
Jawab:
16

3. Mungkinkah Indonesia memiliki ekonomi yang setara dengan ekonomi negara-negara maju?
Jawab:
Ya. Karena saat ini indonesia memiliki 240 juta penduduk. Dari jumlah tersebut, ada sekitar 136 juta orang yang berada pada tingkat ekonomi menegah. 136 juta orang itu nilainya bisa 7 kali jumlah penduduk malaysia, bahkan 50 kali dari jumlah penduduk singapura. Selain itu, modal dasar indonesia menjadi negara maju adalah tingkat fundamental ekonomi indonesia yang masih lebih baik dibanding negara-negara sekawasan, bahkan negara di dunia. Indonesia masuk sebagai negara G-20. Tingkat inflasi terkendali dan suku bunga acuan yang masih lebih tinggi dianggap sebagai pemicu bahwa tingkat investasi di indonesia masih dianggap lebih menarik dibanding di luar negeri.
4. Syarat-syarat apakah yang harus dipenuhi agar ekonomi Indonesia menjadi setara dengan ekonomi negara-negara maju?
Jawab:
Syarat-syarat yang harus di penuhi agar ekonomi indonesia menjadi setara dengan ekonomi negara-negara maju yaitu :
1. Pendapatan perkapita di indonesia harus setara dengan negara-negara maju attau mungkin harus melebihi negara lain.
2. Indonesia harus memanfaatkan sumber daya alam dengan sebaik-baiknya.
3. Indonesia harus mengurangi angka-angka pengangguran dengan cara membuka lapangan kerja
4. Diterapkan hukum yang ketat terhaadap kejahatan korupsi
5. Melakukan kegiatan ekspor-impor dengan negara lain agar dapat melakukan hubungan ekonomi dengan baik.

Akan tetapi ada Syarat utama yang harus dipenuhi indonesia yaitu Negara Indonesia harus memiliki kemandirian pangan karena itu yang akan membawa negara kita menjadi Negara maju. Untuk menjadi Negara maju, Indonesia tidak bisa menggantungkan pemenuhan kebutuhan pangan dari Negara lain. Kemandirian pangan harus diikuti dengan peningkatan kesejahteraan petani.

5. Apakah yang ditempuh oleh pemerintah agar syarat-syarat itu terpenuhi?
Jawab:
Yang harus di tempuh oleh pemerintah agar syarat utama terpenuhi yaitu dengan memastikan stabilitas harga pangan pokok agar terjangkau di masyarakat dan juga mampu menyejahterakan petani. peningkatan kesejahteraan yang adil dan merata. Pemerintahan yang adil memihak kepada kepentingan rakyat. Oleh karena itu, prioritas utama stabilitas ekonomi adalah menjaga kestabilan harga kebutuhan dasar rakyat (bukan rumah mewah dan mobih mewah), sedangkan prioritas utama di bidang perekonomian adalah mengarahkan agar perluasan kegiatan ekonomi dapat menampung mayoritas angkatan kerja dan juga memiliki kemandirian pangan yang harus diikuti dengan peningkatan kesejateraan.
6. Apakah yang seharusnya ditempuh oleh setiap warga agar ekonomi Indonesia maju?
Jawab:
Yang harus ditempuh oleh setiap warga agar ekonomi Indonesia maju yaitu
1. Dengan menumbuhkan kewirausahaan para pemuda kemudian kita ajak partisipasi berbagai pihak dan investor sebagai penyandang dana sehingga produk yang dihasilkan akan semakin produktif dan kompetitif.
2. membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi umumnya kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial mereka.
3. Turut serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
4. Memperkokoh perekonomian sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi.
5. berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

7. Apakah yang seharusnya dilakukan oleh sekolah agar ekonomi Indonesia maju?
Jawab:
Yang seharusnya dilakukan oleh sekolah agar ekonomi Indonesia maju yaitu:

1. Dengan Memberikan beasiswa kepada siswa-siswi yang kurang mampu
2. Memakai dana bantuan dengan sebaik-baiknya
3. Mengajurkan pada siswa yang mampu untuk membayar komite
4. Menumbuhkan bakat siswa sedini mungkin agar jika nanti dapat berguna dan untuk mengurangi angka pengangguran
5. Mengajarkan kewirausahaan padasiswa untuk dapat menjadikan SDM yang berkualitas di Indonesia

8. Apakah yang dapat kalian lakukan agar ekonomi Indonesia maju?
Jawab :
Yang dapat kita lakukan agar ekonomi indonesia maju yaitu :
1. Membayar pajak
2. Membeli produk dalam negeri
3. Mendukung kebijakan pemerintah mengenai pertumbuhan ekonomi di Indonesia
4. Belajar dengan tekun agar melahirkan SDM yang berkualitas di Indonesia
5. Membasmi korupsi di Indonesia

Hal 85-87

2. Setujukah kalian dengan pendapat penulis teks bahwa pada masa yang akan datang ekonomi Indonesia lebih bagus daripada ekonomi jerman dan Inggris?
Jawab:
Kami setuju karena Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan dosmetik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011. Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestic dan jasa-jasa yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 % hingga 6%, apabila dapat terus dipertahankan, akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per kapita lebih dari 3600 dolar AS. Sehingga tak heran jika ekonomi Indonesia bias lebih bagus daripada ekonomi jerman dan inggris.

3. Dengan membandingkan pernyataan pendapat pada paragraf 1 dan penegasan ulang pendapat pada paragraf 8-9, betulkah keduanya mengandung makna yang sama? Jelaskan lebih lanjut!
Jawab :
Ya betul, karena kedua paragraf tersebut membahas tentang pelaksanaan sidang tahunan International Monetery Fund (IMF) di tokyo yang mengangkat satu topik khusus mengenai perekonomian di Indonesia.

4. Berapakah jumlah argumentasi yang disampaikan oleh penulis teks? Berapakah argumentasi yang seharusnya ada dalam eksposisi? Apa yang menentukan hal itu?
Jawab:
5. Pendapat penulis teks itu dinyatakan sebagai berikut Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.

6. Tulislah kembali pendapat itu dengan kalimat kalian sendiri!
Jawab :
Media mengangkat tentang hasil riset yang dikemukakan oleh McKinsey dan Standard Chartered bahwa ekonomi di Indonesia kedepannya akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.

7. Pernyataan ulang pendapat penulis dinyatakan secara tidak langsung sebagai berikut: …
Besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini. Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.

Tulislah kembali pernyataan itu dengan kalimat kalian sendiri!
Jawab:

Besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang dilalui saat ini. Jika potensi tersebut tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.

8. Apakah argumentasi yang di ajukan oleh penulis teks disusun menurut urutan pentingnya ?

Jika tidak, urutkanlah dengan menggunakan penanda argumentasi yang terpenting adalah … …; Yang berikutnya adalah … …; Selanjutnya, … …; dan sejenisnya.
Jawab:
Ya , argumentasi yang diajukan penulis teks disusun menurut urutan pentingnya

9. Mengapa ekonomi Indonesia harus dibandingkan dengan ekonomi negara-negara lain ? Apakah hal itu digunakan untuk membangun argumentasi ?
Jawab:

10. Apa risikonya apabila perkiraan penulis teks bahwa ekonomi Indonesia akan lebih baik daripada ekonomi negara-negara maju tidak terbukti ?
Jawab:
Jika seandainya tidak terbukti ekonomi Indonesia akan lebih baik daripada ekonomi negara-negara maju tetapi malahan ekonomi indonesia kian memburuk di masa yang akan datang maka ekonomi indonesia Akan menimbulkan krisis moneter di Indonesia ketika harga-harga naik tanpa patokan, ketika rakyat tetap membelinya, maka mengakibatkan munculnya economic bubble di Indonesia.

Economic bubble / Gelembung ekonomi / Gelembung spekulatif, atau gelembung keuangan adalah perdagangan dalam volume besar dengan harga yang sangat berbeda dengan nilai intrinsiknya.

Pengamat ekonomi, mengingatkan pemerintah indonesia akan terjadinya imbas gelembung pertumbuhan ekonomi yang semu dengan mengalirnya dana masuk ke indonesia sebagai dampak kenaikan pagu utang pemerintah AS sebesar 1,2 triliun dollar AS. Sebab, dana yang mengalir deras ke pasar uang, pasar modal, dan perbankan Indonesia harus bisa diserap untuk menggerakkan sektor rill dan investasi jangka panjang. Jangan hanya bertengger di pasar uang, pasar modal, dan bank belaka.

Indonesia memang bisa mendapatkan dana murah untuk pendanaan jangka panjangnya. Namun, apakah bisa diserap secara optimal?
Syaratnya, pemerintah juga harus segera membangun infrastuktur jalan, jembatan, dan pelabuhan agar investor mau mengeluarkan dananya untuk investasi jangka panjang. Tanpa mewujudkan itu, yang terjadi Cuma bubble. Itulah resiko yang harus Indonesia waspadai.

Gelembung atau pertumbuhan ekonomi yang semu akibat masuknya dana asing justru akan meningkat jika dana tersebut tak bisa untuk menggerakan sektor rill. Oleh karena itu, pemerintah harus segera merealisasi regulasi yang belum ada, seperti RUU Pertanahan, pembebasan lahan dan koordinasi yang semakin baik serta perbaikan iklim investasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s