Makalah Perkembangan Teknologi Informasi pada tahun 2000-2016

MATAKULIAH : PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan limpahan rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Sejarah Teknologi Informasi Pada Tahun 2000-Sekarang”. Tak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepada dosen mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi yang telah memberikan bimbingannya, dan memberikan ruang untuk menggali setiap ilmu yang terkait pada komunikasi. Terimakasih pula kepada anggota kelompok yang telah meluangkan waktunya untuk mengerjakan tugas ini.
Kami sadar bahwa dalam penulisan makalah ini, masih banyak kesalahan dan kekhilafan. Maka dari itu kami mohon kritik dan saran dari pembaca sekalian. Semoga makalah ini bermanfaat bagi yang membacanya.

Penulis
Ternate, 28 September 2016


DAFTAR ISI

Kata Pengantar………………………………………………………………………………………. i
Daftar isi……………………………………………………………………………………………… ii
BAB I (Pendahuluan)
1. Latar Belakang………………………………………………………………………………… 1
2. Rumusan Masalah……………………………………………………………………………. 1
3. Tujuan…………………………………………………………………………………………. 2
BAB II (Pembahasan)
1. Pengertian Teknologi Informasi…………………………………………………………….. 3
2. Perkembangan Teknologi Informasi pada tahun 2000-sekarang………………………… 4
BAB III (Penutup)
1. Kesimpulan…………………………………………………………………………………… 6
2. Saran………………………………………………………………………………………….. 6
Daftar Pustaka………………………………………………………………………………………. iii


BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Jika berbicara tentang teknologi, tentunya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Selamanya, selama peradaban manusia masih ada, teknologi akan terus menjadi hal terpenting dalam kehidupan. Hal yang saat ini sedang menjadi trend dan ramai diperbincangkan adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mana merupakan salah satu hal terpenting di abad ini. Tidak dapat dipungkiri kalau TIK tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Mulai dari anak kecil hinga orang tua, pedagang kecil hingga pengusaha besar, baik disadari maupun tidak sudah begitu tergantung pada TIK.
Jika dilihat dari kacamata sejarah, TIK sesungguhnya sudah mulai dikenal manusia sejak beratus-ratus berabad-abad lalu. Sejak manusia diciptakan di muka bumi ini, manusia sudah mulai mencoba berkomunikasi dengan symbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan titik awal perkembangan TIK. Manusia yang lebih maju dan modern mampu berkomunikasi secara lisan dan mulai mampu mendokumentasikan informasi dalam bentuk tulisan dan ukiran baik dalam bentuk simbol maupun gambar.

Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian dari Teknologi Informasi?
2. Bagaimana peranan teknologi informasi dari masa ke masa?
3. Bagaimana perkembangan teknologi informasi pada tahun 2000-sekarang?

TUJUAN
Tujuan pembuatan tugas makalah ini yaitu untuk mengetahui lebih dalam lagi bahwa komunikasi begitu penting untuk dilakukan dan dipelajari. Dalam makalah ini yang membahas Sejarah dan Perkembangan Komunikasi membuka lebar cakrawala dari masa ke masa bahwa komunikasi bukanlah hal yang baru bukan pula hal yang kuno. Selain itu tujuan yang lainnya adalah untuk menambah wawasan tentang Pengantar Teknologi Informasi.


BAB II
PEMBAHASAN

PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi dan teknologi komunikasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat pertukaran pikiran. Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e- seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Dalam hal ini telekomunikasi dan informatika memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology). Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam Masyarakat atau Ekonomi Informasi. Masyarakat baru ini juga sering disebut sebagai masyarakat pasca industri. Apapun namanya, dalam era informasi, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga jagad ini menjadi suatu dusun semesta atau “Global village”. Sehingga sering kita dengar istilah “jarak sudah mati” atau “distance is dead”, yang makin lama makin nyata kebenarannya. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA TAHUN 2000-SEKARANG

Tahun 2000
• Diperkirakan teleconference akan merubah perjalanan bisnis fisik yang dilakukan saat ini.
• HDTV mulai diluncurkan.
• “Black April” terjadi di bursa saham Nasdaq, yaitu jatuhnya harga saham besar-besaran di perusahaan dotcom dunia pada tanggal 17 April 2000.

Tahun 2001 – 2002 (Jaringan Informasi Sekolah)
meningkatnya kebutuhan terhadap internet yang diakibatkan oleh program Jarnet, maka kebutuhan semakin meningkat. Khusus mengenai infrastruktur, sebagian besar sekolah.

Tahun 2002-2003 (Wide Area Notwork (WAN) Kota) koneksi internet yang digunakan untuk mempercepat proses pengiriman data dan informasi dari daerah ke pusat serta untuk proses pembelajaran.

Tahun 2004 – 2006 (ICT Center) Program WAN Kota yang telah dikembangkan pada tahun 2002 hingga tahun 2003 akhirnya dirasakan hanya menitikberatkan kepada aspek perangkat keras dan jaringan saja, sedangkan pengembangan TIK tidak hanya terdiri atas kedua aspek tersebut. Pengembangan SDM juga hanya berputar kepada institusi yang menjadi lokasi WAN Kota, sehingga mulai dipikirkan untuk memperluas fungsi dan tugas dari WAN Kota menjadi sebuah institusi lain yang mampu menjadi pusat TIK di daerah dan bermanfaat secara luas bagi masyarakat di sekitarny.

Tahun 2006 – 2007 (Inherent) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi juga turut menggeliat di dalam pengembangan TIK dan tidak kalah dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Sebenarnya, sejak tahun 90-an, sudah banyak perguruan tinggi yang secara parsial maupun kelompok kecil telah mengembangkan infrastruktur TIK di kampus masing-masing. Yang amat terkenal adalah ITB dengan berbagai risetnya untuk bidang internet dan jaringan lokal.

SEA EduNet ( 2008 ) Rencana pengembangan ke depan adalah mengintegrasikan jejaring yang telah dibentuk di Indonesia dengan negara-negara tetangga, agar dapat dilaksanakan sharing knowledge dengan lebih intensif. Hal ini bertujuan agar seluruh institusi kita memiliki wawasan yang lebih mengglobal.

Tahun 2009
o Sudah banyak bermunculan ISP untuk mengakomodasi kegiatan internet, provider telekomunikasi pun berjamuran baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
o Booming Social Media.
o Jumlah pemakai internet Indonesia meningkat drastis dari yang hanya mencapai 500.000 pada tahun 1998, sekarang mencapai jumlah 35 juta user.
o Mobile Internet mulai menjadi trend.
o Digital Tv is Coming Soon

Tahun 2010
Jika kita lihat dari mulainya teknologi komputasi diperkenalkan pada tahun 1970, berarti sekarang Indonesia sedang memasuki tahun ke 40 dalam perjalanan perkembangan teknologi informasi. 40 tahun, jika diibaratkan seorang manusia, umur 40 adalah umur dimana kita telah mendapat kematangan dan bisa dibilang kesuksesan. Saya sempet teringat ucapan guru SMA saya, beliau mengatakan jika pada saat umur 40 seseorang belum mendapatkan pekerjaan yang baik atau posisi yang bagus di bidangnya, habislah sudah kesempatan dia untuk meraih kesuksesan, istilahnya sudah telat.

Tahun 2011
Banyak perusahaan penyedia TV kabel dan operator seluler yang terus bermunculan dengan berbagai layanan yang ditawarkan sehingga mengakibatkan tingginya permintaan data.

Tahun 2012
• Sekolah-sekolah sudah mulai banyak yang menggunakan system e-learning
• Mulai banyak yang mengembangkan website di instansi pendidikan.
Tahun 2014
• Pertumbuhan data besar yang akan terus meningkat karena semakin banyak data dari mulai teks, gambar/grafik, foto, video dan data lainnya tersimpan di internet.
• Dalam bidang kedokteran yang terkait dengan industri TI adalah kemajuan dalam teknologi DNA serta kemampuan untuk memiliki catatan genetika secara pribadi
Tahun 2015
• Jaringan 4G mulai dikembangkan di Negara-negara maju
Tahun 2016
• Jaringan 4G mulai menyebar luas dan digunakan oleh berbagai kalangan.
• Mulai dikembangkan jaringan 5G di Negara-negara maju.
• Berbagai macam barang elektronik berkembang pesat dan muncul berbagai teknologi canggih.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Jadi dari beberapa untaian tentang sejarah dan perkembangan komunikasi dapat disimpulkan bahwa Sejarah perkembangan komunikasi diperkirakan sejak sekitar tahun 3000 SM. Sejak zaman itu hingga sekarang, sejarah perkembangan komunikasi dapat dibagi dalam 4 era perubahan: era komunikasi tulisan, era komunikasi cetak, era telekomunikasi, dan era komunikasi interaktif.
Saran
1. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan baik di sekolah atau perguruan tinggi menjadi hal mutlak mengingat kondisi permasalahan yang makin kompleks. Pendidikan berbasis TIK hanya akan berhasil apabila dikelola dan ditangani dengan terencana, sistematis, dan terintegrasi.
2. Perencanaan dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan yang integratif meliputi kebijakan, standarisasi mutu, infrastruktur jaringan dan konten, kesiapan dan kultur SDM pendidikan menjadi penting untuk ditata dan dikelola dengan efektif dan efisien.
3. Penyelenggaraan pendidikan berbasis TIK melalui pendidikan terbuka dan jarak jauh (e-Learning), membutuhkan dukungan dari semua pihak khususnya, pemerintah, swasta serta masyarakat untuk mengalokasikan anggaran dan investasi pendidikan yang memadai.


DAFTAR PUSTAKA

http://iradewa.com/perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi
http://www.kompasiana.com/fendy-yulianto12345678910/perkembangan-teknologi-informasi_55282c2b6ea83498608b459e

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s